Tabel 1
Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan Tahun 2018 & 2019
Berdasarkan tabel di atas, maka mutu pelayanan di RSUD Tebet Tahun 2019 secara keseluruhan unsur pelayanan mengalami kenaikan, hal ini bisa dilihat pada nilai IKM periode 2019 sebesar 83,72 dan masuk dalam kriteria penilaian baik, yaitu berada pada nilai rata-rata interval konversi IKM (76,61 – 88,30) dan mengalami kenaikan sebesar 5,46 apabila dibandingkan dengan hasil Survei Kepuasan Masyarakat Periode 2018, sehingga dinyatakan dari 9 unsur pelayanan yang dinilai pada tahun 2019 memiliki kategori BAIK.
Diagram 1
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2018 & 2019
Berdasarkan diagram di atas, hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2019 ini dihitung dari Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap RSUD Tebet yang terdiri dari 94 responden yang mengisi kuisioner, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa unsur pelayanan yang memiliki nilai tertinggi yaitu unsur pelayanan (U5) yaitu Perilaku Petugas Pelayanan dengan nilai rata-rata IKM sebesar 90,48 dan mengalami kenaikan sebesar 9,11 pada Periode 2019 apabila dibandingkan dengan hasil Survey Kepuasan Masyarakat Periode 2018. Berarti kinerja unit pelayanan unsur Perilaku Petugas Pelayanan masuk dalam kategori sangat baik.
Unsur pelayanan yang memiliki nilai IKM rata-rata terendah yaitu unsur pelayanan (U1) yaitu Persyaratan dengan nilai rata-rata IKM sebesar 73,49 pada periode 2019 dan mengalami penurunan (3,52) apabila dibandingkan dengan hasil Survei Kepuasan Masyarakat Periode 2018. Berarti kinerja unit pelayanan pada unsur Persyaratan masuk dalam kategori kurang baik.
Tabel Nilai Interval - Indeks Kepuasan Masyarakat
Nilai Persepsi |
Nilai Interval IKM |
Nilai Interval Konversi IKM |
Mutu Pelayanan | Kinerja Unit Pelayanan |
1 | 1,00 - 2,59 | 25.00 - 64.99 | D | Tidak Baik |
2 | 2,60 - 3,06 | 65.00 - 76.60 | C | Kurang Baik |
3 | 3,07 - 3,53 | 76.61 - 88.30 | B | Baik |
4 | 3,54 - 4,00 | 88.31 - 100 | A | Sangat Baik |
KESIMPULAN
Dari kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Tebet pada tahun 2019 dapat disimpulkan sebagai berikut:
-
Secara total responden menilai pelayanan yang diterima sudah berada dalam kategori Baik dengan nilai IKM sebesar 83,72. 7 (tujuh) unsur yang tergolong baik karena berada di atas nilai IKM;
-
Masih ada beberapa unsur yang memerlukan perbaikan yang berakibat pada tingkat kepuasan masyarakat, pada unsur Persyaratan, dan waktu.
SARAN
Untuk meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah tebet perlunya dilakukan hal-hal sebagai berikut:
-
Unsur Persyaratan (kelengkapan administrasi) pada Unit Rawat Jalan dianggap masih merepotkan pasien pada saat melakukan mengobatan;
-
Sistem, Mekanisme, prosedur pada pelayanan Rawat Inap agar lebih memudahkan pasien, sehingga pasien lebih merasa puas dengan pelayanan yang diberikan;
-
Kecepatan Waktu Pelayanan administrasi dan Pelayanan Penunjang pada layanan Rawat Inap harus lebih ditingkatkan;
-
Kompetensi Petugas Pelaksana (pemberian informasi, mendengar keluhan pasien) pada unit Rawat Inap dapat lebih ditingkatkan kembali;
-
Kebersihan Sarana dan Prasarana pada pelayanan Rawat Inap harus lebih diperhatikan; dan
-
Penanganan Pengaduan pasien dapat lebih ditingkatkan.